DIES NATALIS KE-4 STIT BUNTET PESANTREN

Buntet Pesantren (30/10) STIT Buntet Pesantren menggelar perayaan puncak Dies Natalis yang ke-4 Tahun 2021 dengan Tema “Transformasi Institusi Menuju Perguruan Tinggi yang Inklusif”. peringatan Dies Natalis ini merupakan agenda tahunan STIT Buntet Pesantren yang dirayakan sebagai bentuk khidmat STIT Buntet Pesantren terhadap lembaga pendidikan khususnya pondok Buntet Pesantren.

Rangkaian perayaan Dies Natalis STIT Buntet Pesantren dilaksanakan selama enam hari dimulai pada hari senin tanggal 25 Oktober 2021 sampai pada hari sabtu tanggal 30 Oktober 2021.

adapun rangkaian Agenda Perayaan Dies Natalis Ke-4 STIT Buntet Pesantren yaitu:

Webinar Nasional Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Bedah Buku “Catatan Sang Berandal”

Seminar Pusat Studi Moderasi Beragama

Seminal Online Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam

Launching Kampung Publikasi Buntet Pesantren Publishing Corp.

Kuliah Umum STIT Buntet Pesantren

Perayaan puncak Dies Natalis Ke-4 Tahun 2021 STIT Buntet Pesantren dilaksanakan di Auditorium MANU Putra Buntet Pesantren yang dihadiri oleh, Dewan Sepuh Pondok Buntet Pesantren, dan Dewan Pendiri STIT Buntet Pesantren, Ketua Umum YLPI Buntet Pesantren, seluruh pimpinan lembaga pendidikan dan kepala Sekolah yang berada dilingkungan pondok Buntet Pesantren, Dinas Kopertais II Jabar-Banten, Kementrian Agama Kabupaten Cirebon, dan Wakil Menteri Agama Republik Indonesie Dr. K.H. Zainut Tauhid, M.Si.

Pada perayaan puncak Dies Natalis ke-4 disambut oleh Ketua Senat STIT Buntet Pesantren K.H. Aris Ni’matullah, M.A.F., Beliau menyampaikan sejarah berdirinya perguruan tinggi yang bermula dari mimpi para kiyai sepuh pondok Buntet Pesantren namun saat ini mimpi para kiyai sepuh telah terwujud dengan adanya STIT Buntet Pesantren.

Ketua Senat menjelaskan bahwa dulu para kiai sepuh Buntet Pesantren sudah pernah menggagas perguruan tinggi yang diberi nama Cakrabuana pada tahun 1967 yang merupakan cikal-bakal adanya Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. perintisan perguruan tinggi Cakrabuana tersebut terhambat oleh aturan pemerintah tentang perguruan tinggi yang harus berada di ibukota Provinsi di Bandung, oleh karena itu pendirian perguruan tinggi tersebut dibawa ke Bandung dan sekarang menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Beliau juga menambahkan bahwa STIT Buntet Pesantren berdiri pada Tahun 2017 dengan dimotori oleh SDM yang merupakan putra-putri daerah dari Buntet Pesantren yang kompeten serta do’a Para kiyai dan sesepuh pondok Buntet Pesantren sehingga mimpi para kiyai sepuh telah terealisasi.

Agenda perayaan puncak Dies Natalis ke-4 ini juga STIT Buntet Pesantren melaksanakan Launching Buntet Pesantren Publishing Corp. sebagai media dan wadah literasi pengembangan STIT Buntet Pesantren dalam bidang publikasi.

Pada perayaan Puncak Dies Natalis ke-4 ini disampaikan materi Kuliah Umum oleh Wakil Menteri Agama RI Dr. K.H. Zainut Tauhid dan ditutup dengan penyerahan Beasiswa mahasiswa STIT Buntet Pesantren oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia kepada perwakilan Mahsiswa dari Program Studi BKPI dan MPI.