KULIAH UMUM STIT BUNTET PESANTREN

Buntet Pesantren (30/10) Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Ke-4 Tahun 2021 STIT Buntet Pesantren menggelar Kuliah Umum STIT Buntet Pesantren.

Kuliah Umum ini diisi oleh Wakil Menteri Agama Dr. K.H. Zainut Tauhid, M.Si., pada pemaparannya beliau membagi materi menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas tentang Kondisi obyektif era revolusi industri 4.0 dan bagian kedua membahas tentang Moderasi beragama dalam membangun kehidupan yang harmonis.

Pada penyampaiannya Beliau mengapresiasi Pimpinan STIT Buntet Pesantren yang sangat tepat dalam membuka jurusan studi MPI dan BKPI untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar mampu menghadapi masyarakat dan mampu membaca perkembangan zaman terutama di era revolusi industri 4.0. Masyarakat yang dapat menyelesaikan permasalahan yakni dengan berbagai inovasi melalui kemajuan teknologi.

Selanjutnya Beliau menjelaskan bahwa dalam rangka menghadapi gerakan ekstrimisme dan ancaman radikalisme yang dihadapi para pemuda-pemudi, maka perlunya adanya sikap moderasi beragama. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh UIN Semarang menunjukkan bahwa 90% generasi milenial sangat memiliki minat yang tinggi dalam mempelajari ilmu agama, sehingga mereka akan mempelajari ilmu agama yang berasal dari internet sehingga muncul gerakan hijrah, jihad yang seharusnya dipahami tidak secara tekstual namun harus dipelajari secara kontekstual.

Pada penutupnya Dr. K.H. Zainut Tauhid mengingatkan bahwa Kehadiran Agama membawa kasih sayang Dengan hadirnya secara eksklusif maka para mahasiswa harus dipandu dengan baik untuk menghadapi era globalisasi. beliau Berharap bahwa Calon mahasiswa-lah yang mampu menjawab tantangan Indonesia secara global dan mampu memahami nilai nilai keislaman yang tinggi.