PROFIL

STIT Buntet Pesantren merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam dengan Nomenklatur Tarbiyah yang didirikan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren yang diinisiasi oleh para Kiyai dan Sesepuh Pondok Buntet Pesantren pada tahun 2017 dengan beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Memperluas akses dan pemerataan pendidikan serta mengurangi tingkat mahasiswa yang putus kuliah
  2. Menyediakan fasilitas pendidikan tingkat perguruan tinggi dan membantu masyarakat ekonomi lemah yang tidak mampu menyekolahkan anak keluar daerah/diluar daerah.
  3. Membantu program pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia dan menyiapkan tenaga profesional dalam bidang kependidikan.

Pemberian nama Buntet Pesantren pada SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) Buntet Pesantren atas dasar kesepakatan dari Tim Pendiri yang pertama kali disetujui oleh Ketua Yayaysan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren KH. Adib Rofi’uddin. Hal ini juga berguna untuk memudahkan masyarakat mengenal PTAI yang didirikan, dikarenakan nama Pondok Buntet Pesantren telah lebih dahulu dikenal baik oleh masyarakat luas. Hal ini juga sekaligus memiliki konsekwensi yakni dibutuhkannya komitmen dari para pemangku STIT Buntet Pesantren kelak agar tetap menjaga nilai-nilai dan nama baik Buntet Pesantren.

Pada tahap awal pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren memprioritaskan  penyelenggaraan pendidikan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan Islam dan pengajar pembimbing yang berkualitas dan profesional yang memerlukan keahlian di bidang manajemen kependidikan dan konseling Islam. Hal ini karena di Wilayah Kabupaten Cirebon meskipun terdapat banyak lembaga pendidikan  baik umum  maupun agama namun secara umum kualitas pendidikan dan kependidikan Agama Islam masih belum memadahi, antara lain karena tenaga kependidikan dan guru belum memenuhi standar kualifikasi S1 serta masih langkanya guru pembimbing yang menguasai wawasan dan teknik konseling didalam menunjang efektifitas kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, alasan lainnya adalah untuk membuka kesempatan kepada lulusan sekolah tingkat atas untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi khususnya disekitar wilayah Cirebon. Sebagai contoh, di sekitar Buntet Pesantren ( jarak terjauh 3 KM) terdapat 11 sekolah setingkat SMA/MA/SMK dengan rata-rata lulusannya setiap tahun sekitar 3.000 siswa.

Visi

Terwujudnya Institusi Pendidikan Tinggi Islam Yang Unggul, Moderat, dan Menjadi Rujukan Dalam Integrasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Agama yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama’ah.

Misi

  • Mengusahakan pemerataan dan kemudahan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat.
  • Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas dan professional di bidang ilmu keislaman dan kependidikan Islam yang berhaluan aswaja
  • Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka pemberdayaan potensi umat
  • Menghasilkan produk penelitian yang bernuansa ilmu  keislaman, khususnya di bidang kependidikan Islam.

Tujuan Umum

Tujuan umum Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren mengacu kepada misi pendidikan di dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 yaitu mewujudkan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu, memperteguh akhlak mulia, kreatif, normatif, berwawasan kebangsaan, cerdas serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengembangkan karakter manusia Indonesia.

  • Tujuan Khusus
    • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bernafaskan Islam dan kependidikan.
    • Menyiapkan tumbuhnya generasi muslim yang utuh dan memiliki keunggulan yakni generasi yang senantiasa dapat memadukan iman, ilrnu dan amalnya dalam seluruh aspek kehidupan sebagai perwujudan hamba Allah dan sekaligus dengan kholifah-Nya.
    • Turut serta membantu pemerintah berusaha mencerdaskan kehidupan bangsa di sektor pendidikan khususnya pendidikan tinggi, melalui pengaderan sarjana pendidikan.
    • Memberi kesempatan bagi lulusan (cut put) sekolah menengah, khususnya di wilayah Buntet Pesantren dan Jawa Barat dapat melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren sehingga baik secara ekonomis maupun sosiologis beban mereka lebih ringan

Kunjungii Akun Medsos Kami :

Youtube

Facebook

Instagram