Panduan Submit Jurnal STIT Buntet Pesantren

Publikasi artikel jurnal ilmiah STIT Buntet Pesantren merupakan proses publikasi yang dilakukan secara online, mulai dari membuat akun, submit artikel sampai dengan publish edisi berkala jurnal ilmiah. Seluruh proses publikasi dilakukan melalui web jurnal ilmiah STIT Buntet Pesantren melalui jurnal Tsaqafatuna, atau jurnal Jurusan Program Studi Tanzhimuna dan Jieco dengan menggunakan browser internet (lnternet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan sejenisnya).

Secara garis besar publikasi artikel ilmiah STIT Buntet Pesantren dilakukan melalui beberapa proses dimulai dari submit artikel, proses review, proses editing, pengaturan issue (edisi jurnal), dan penerbitan jurnal.

Baca Juga :

Pada Tahapan Submit Jurnal STIT Buntet Pesantren dibagi menjadi dua bagian, Persiapan dan langkah-langkah.

Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum Submit Jurnal STIT adalah :

  1. Akses Internet
  2. Identitas
  3. Akun E-mail, Gmail atau sejenisnya
  4. Jurnal Dalam Bentuk Word dan sudah di PDF-kan. Kepentingan Jurnal adalah untuk upload dan meng-Copy-paste metadata (Judul, Abstrak dan Referensi)

Langkah-langkah Submit Jurnal Ilmiah STIT Buntet Pesantren

  1. Buka halaman website akses ke  jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id.
  2. Pilih Jurnal Online Ilmiah STIT Buntet Pesantren untuk melakukan registrasi. Pilih Jurnal yang sesuai. Jika Anda ingin mendaftar di jurnal yang berbeda, maka daftarnya dua kali. Tapi jika satu jurnal maka cukup satu kali dengan user dan password yang sama.

Contoh saya memilih Tanzhimuna

3. Klik “Daftar” / “Registrasi” pada pojok kanan atas halaman web

4. Isi seluruh formulir yang ada di Jurnal STIT dengan selengkap lengkapnya agar data direkam dengan jelas. Gunakan email kampus atau email sendiri. Sebaiknaya email kampus

5. Lalu klik “Daftar” di kiri bawah

6. Akan muncul otomatis masuk ke akun kita. Nama user dan paswordnya jangan sampai lupa jika nanti logout dan login kembali. Jika tidak otomatis tinggal login dengan user name dan password diisikan.

7. Klik “Penyerahan Naskah Baru” pada Kotak “Kiriman Baru

8. Centang semua hasil bacaan Anda, ketik pula jika ada pesan buat reviewer

8. Klik “Simpan dan Lanjutkan

9. Anda masuk ke langkah 2. Silahkan ambil file yang akan anda serahkan ke Jurnal melalui Unggah Kiriman, pilih Article Text, Upload File.

Pastikan jurnal sudah diedit dan memiliki tingkat prof reading yang baik (readable). Lihat dahulu sebelum diupload. Perhatikan tanda baca dan gramatika, agar memudahkan reviewer memasukan jurnal Anda.

10. Klik file Jurnal dalam Ms. Word lalu klik “Open

11. Kemudian klik “Continue”

Akan muncul seperti gambar di bawah. Pastikan filenya terunggah (upload) dengan melihat nama file. Kemudian klik Continue”

12. Kemudian anda masuk ke tahap ketiga dengan “copy paste” judul article dan abstract

13. Masukan Judul dan Abstract yang di copy paste dari jurnal yang di upload.

14. Kemudian masukan “Kata Kunci” klik Simpan dan Lanjutkan.

15. Anda masuk ke langkah terakhir. Klik “Selesai Penyerahan”

kemudian klik “Ok”.

16. Penyerahan Jurnal sudah selesai.

Anda boleh mengecek hasil penyerahan sekaligus mengecek apakah sudah terbit apa belum jurnalnya klik “Tinjau kiriman ini”.

Jurnal anda akan muncul. dan jika anda ingin menyerahkan kembali jurnal kedua, ketiga dan seterusnya, silahkan klik “Kiriman”dan lalukan seperti awal klik “kiriman baru”.

Langkah Penyerahan Jurnal telah selesai. Anda bisa mengecek penerbitan. Jika masih tertulis “Masih dalam penugasan” berarti reviewer dan editor belum mengkonfirmasi jurnalnya.