Buntet Pesantren (21/5) P3M Kembali mengadakan Kajian Ilmiah Rutinan ke-4 di STIT Buntet Pesantren.
Pada Kajian Ilmiah Rutinan ke-4 ini Seperti biasa dilaksanakan di Aula STIT dan dihadiri oleh Rektor STIT Buntet Pesantren Dr. K.H. Fahad A. Sadat dan diikuti oleh para dosen STIT Buntet Pesantren yang disajikan oleh dua pemateri dosen STIT Buntet Pesantren dengan Pemateri pertama Bapak Moh. Saiful Bakhril Amin, M.Pd. dengan judul “Analisis Sikap Peserta Didik Dalam Mematuhi Kebijakan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19”.
Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pendidikan apa saja yang dibuat yang dapat mempengaruhi peserta didik di masa Pandemi Covid-19.
Saiful juga menjelaskan didalam penelitiannya beliau menggunakan Metode penelitian observasi dan studi dokumentasi dengan melihat secara langsung kebijakan-kebijakam yang ditetapkan di MANU Putra Buntet Pesantren. Dari hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik masih kesulitan untuk beradaptasi dengan perubahan kebijakan pembelajaran daring yang ditetapkan sehingga tingkat keaktifan dan motivasi belajar pun berkurang. Ungkap Saiful.
Selanjutnya Pemateri Kedua pada Kajian Rutinan Penelitian Dosen ke-4 ini yaitu Bapak Adib Rofi’uddin Basori, S.Sos. dengan judul karya ilmiah “Pelatihan dan Pengembangan SDM Petani di Lembaga Pengembangan pertanian Nahdlatul Ulama D.I. Yogyakarta”.
Dalam pemaparan pemateri kedua Bapak Adib menjelaskan bahwa latar belakang dari penelitian ini dikarenakan Pentingnya pengembangan SDM bagi petani yang menjadi syarat untuk pembangunan pertanian yang lebih baik dalam bentuk pengetahuan, skill, keterampilan dan sikap petani karena Sektor pertanian masih menjadi sektor penting dalam pembangunan ekonomi nasional.
Adib menjelaskan bahwa tujuan dari Penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan pelatihan dan pengembangan SDM petani yang dilakukan LPPNU D.I. Yogyakarta. Dimulai dari tahapan-tahapan yang dilaksanakan oleh LPPNU dalam pelaksanaan pelatihan dan pengembangan, yaitu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan, menentukan tujuan dan sasaran, menetapkan metode dan kriteria keberhasilan, implementasi program dan evaluasi program.