• Buntet Pesantren Kab. Cirebon Jawa Barat
  • (0231) 8845520
Kyai adib dan Kyai fahd

Pondok Buntet Pesantren berdiri sejak tahun 1750 M oleh KH. Muqoyyim (Mbah Muqoyyim) seorang ulama keturunan Syeikh Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati yang dikenal sebagai salah satu dari Wali Songo penyebar Islam di Indonesia.

Dengan pesatnya perkembangan sains dan teknologi, sistem pendidikan pesantren mengahadapi tantangan zaman untuk mampu mengadakan adaptasi dan penyesuaian diri dengan tetap berpegang pada nilai-nilai lama dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih baik, melalui otonomi keilmuan yang obyektif. Untuk itu Buntet Pesantren mendirikan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren pada tanggal 22 Februari taun 2002 dengan dikukuhkan pada 01-04-2013 dengan akte notaris Solichin,SH.,M.Kn No. 84 dikukuhkan pula dengan SK Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 10 Juni 2013.

Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren yang didirikan oleh para kyai merupakan lembaga yang memfasilitasi pendidikan formal yang ada di pondok Buntet Pesantren. Fungsi lain dari yayasan adalah sebagai pendamping dan koordinasi kelembagaan dengan pihak luar Buntet Pesantren.

Perjalanan dan perkembangan Yayasan Lembaga Pendidkan Islam mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan dinamika dan kebutuhan masyarakat. Sampai dengan tahun 2017 YLPI Buntet Pesantren mengelola 10 satuan pendidikan formal yaitu: 1 satuan pendidikan TK/RA, 2 MI, 3 SMPI / MTs, 3 SMA/MA/SMK dan 1 Pendidikan Tinggi yakni Akademi Keperawatan (AKPER) Buntet Pesantren.

Sampai akhirnya pada bulan februari 2017 Ketua YLPI Buntet Pesantren menunjuk dan menetapkan Tim Teknis Pendirian Perguruan Tinggi Buntet Pesantren untuk menyusun dan memproses pendirian STIT Buntet Pesantren.

Tim yang terdiri dari :
Ketua     : H. Fahad Akhmad Sadat,M.Esy
Anggota : H. Mohammad Anas Azas,S.PdI
H. Munib Rowandi,M.PdI
Mariyah Ulfah,M.Esy

Setelah seluruh prosedur pendirian perguruan tinggi dilaksanakan barulah pada tanggal 31 Oktober 2017 Kementerian Agama melalui Kasie Kelembagaan Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengesahkan berdirinya STIT Buntet Pesantren dengan Nomor 63 Tanggal 31 Oktober 2017. Pemberian nama Buntet Pesantren pada SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) Buntet Pesantren atas dasar kesepakatan dari Tim Pendiri dan disetujui oleh Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren KH. Adib Rofi’uddin. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengenal PTAI yang didirikan, dikarenakan nama Pondok Buntet Pesantren telah lebih dahulu dikenal baik oleh masyarakat luas. Hal ini juga sekaligus memiliki konsekwensi yakni dibutuhkannya komitmen dari para pemangku STIT Buntet Pesantren kelak agar tetap menjaga nilai-nilai dan nama baik Buntet Pesantren.

Pada tahap awal pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren memprioritaskan penyelenggaraan pendidikan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan Islam dan pengajar pembimbing yang berkualitas dan profesional yang memerlukan keahlian di bidang manajemen kependidikan dan konseling Islam. Hal ini karena di Wilayah Kabupaten Cirebon meskipun terdapat banyak lembaga pendidikan (2192 lembaga) baik umum maupun agama namun secara umum kualitas pendidikan dan kependidikan Agama Islam masih belum memadahi, antara lain karena tenaga kependidikan dan guru belum memenuhi standar kualifikasi S1 serta masih langkanya guru pembimbing yang menguasai wawasan dan teknik konseling didalam menunjang efektifitas kegiatan belajar mengajar.